Selasa, 09 April 2013

Contoh Proposal TA


PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Film horor di masyarakat indonesia saat ini tengah menjadi film yang sangat di minati. Berbagai judul film bertema horor hampir setiap tahunnya bermunculan di pasar. Dengan cerita yang beraneka ragam.
Masyarakat indonesia sendiri merupakan masyarakat yang mayoritas mempercayai hal-hal yang gaib. berbagai peristiwa dan kejadian yang berhubungan dengan hal gaib seringkali menjadi pembicaraan menarik di kalangan masyarakat. Bahkan tidak jarang menimbulkan kontroversi antara kalangan masyarakat yang percaya dengan hal gaib dan yang tidak.
Beberapa film horor yang ada saat ini, banyak menuai kontroversi. Ini di karenakan seringnya film horor yang di selingi adegan-adegan yang terkesan vulgar. Hal ini tentu tidak lantas membuat kualitas film menjadi lebih baik, justru akan membuat image yang negatif bagi masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba menyajikan sebuah film fiksi bertemakan horor yang di kemas dengan lebih menarik. Film ini berlatar belakang dunia pendidikan dimana pemeran utamanya adalah seorang mahasiswa. Penulis berharap dengan memberikan nuansa baru berupa cerita remaja kedalam film bertema horor, dapat menarik minat masyarakat lebih banyak lagi.
B.      Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis akan mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:
1.       Minat masayarakat terhadap film horor semakin banyak
2.       Banyaknya film horor saat ini yang di sertai adegan-adegan vulgar.
C.      Batasan masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka penelitian ini hanya di batasi pada permasalahan membuat film horor dengan latar belakang pendidikan, dan unsur religi.
D.      Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah."Bagaimana membuat sebuah film horor yang lebih mendidik dengan menambahkan unsur humor, edukasi, dan religi di dalamnya"
E.       Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah, Ingin membuat sebuah produk multimedia berupa film horor yang menggabungkan unsur pendidikan dan religi.
F.       Keaslian penelitian
Sampai saat ini di lingkungan pondok pesantren masih belum ada yang membuat sebuah film horor yang lebih mendidik dengan menambahkan unsur humor, edukasi, dan religi di dalamnya
G.     Tinjauan pustaka
1.       Hantu Di Sekolah
Hantu di Sekolah merupakan film horor-remaja Indonesia yang dirilis pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Koya Pagayo. Film ini akan dibintangi antara lain oleh Stephanie Pascalia, Raffi Ahmad, Arie K. Untung, William Alvin, dan Wichita Setiawati.
Enam sahabat sejak SMP, sepakat masuk SMU yang sama. Peristiwa berawal dari Tasya (Stephanie Pascalia), yang tertidur di kelas dan mengalami mimpi menyeramkan. Ia merasa diteror hantu perempuan berseragam SMU. Peristiwa itu malah membuat Tasya dihukum guru untuk membereskan buku-buku di perpustakaan. Ia dibantu sahabat-sahabatnya.
Di perpustakaan itu mereka dibentak oleh seorang murid perempuan. Tasya mengenali murid itu sebagai hantu dalam mimpinya. Sejak saat itu keenam sahabat itu sering diganggu sang hantu. Tasya akhirnya bisa menemukan sumber masalah hantu itu di buku tahunan sekolah. Hantu itu arwah penasaran seorang murid di sekolah itu. Ia meninggal bunuh diri karena dihamili kekasihnya.
2.       Pocong rumah angker
Pocong Rumah Angker adalah film horor Indonesia yang dirilis pada 16 Desember 2010 dengan disutradarai oleh Koya Pagayo yang dibintangi oleh Donita dan Zacky Zimah. Film ini adalah film horor komedi kedua buatan Nayato Fio Nuala. Karena, di film ini, ceritanya sama seperti film sebelumnya, Pocong Jumat Kliwon. Bahkan wajah pocongnya pun sama, dan Zaky Zimah kembali jadi aktor pemicu komedi di film ini.
Zaki, Joana dan Debby mengunjungi rumah kosong yang selama ini dikenal sebagai tempat pembuangan dan penguburan mayat dalam kasus kriminal. Kedatangan Joana, Zaki, dan Debby untuk mendokumentasikan situasi bangunan dengan handycam.
Joana tanpa sengaja menemukan payung usang dan mengembangkannya. Zaki percaya hal tersebut akan mengundang makhluk-makhluk gaib. Semenjak itu Zaki, Joana dan Debby kerap diganggu oleh penampakkan berupa sosok wanita penari Jaipong dan pocong. Mereka menjalani hari-hari dengan perasaan was-was.
Seramnya lagi, Lilis, sang hantu penari jaipong diizinkan menginap di rumah Zaki, Ipung yang menyadari ini gembira sekali. Namun, Zaki takut karena Lilis-lah, hantu penari jaipong di rumah angker yang terlihat menari jaipong.  Zaki berusaha membuktikan Lilis adalah hantu, tapi selalu gagal dan tidak dipercaya Ipung. Namun, ketika Lilis ke toilet kampus Zaki, setelah Ipung menunggu lama, Lilis kepergok berwujud pocong, akhirnya mereka kembali ketakutan.
Ketika Joana dan Debby ingin minta maaf di Rumah Angker, ada seorang Kakek Misterius. Kakek Misterius memperingatkan bahwa hantu penari jaipong dan pocong itu adalah dua sahabat sesama penari jaipong ( Lilis dan sahabatnya ). Lilis dan temannya dibunuh oleh orang yang sama yang menginginkan mereka.
Akhirnya, Zaki, Joana dan Debby memutuskan meminta informasi ke rumah ibu Lilis. ibu Lilis menceritakan bahwa di rumah angker, Lilis dan sahabatnya diperkosa dan dibunuh. ibu Lilis minta maaf karena anaknya telah menganggu mereka, terutama Zaki, yang wajahnya mirip pembunuhnya. Seingat ibu Lilis, roh Lilis datang ke mimpi ibunya dan mengatakan bahwa cincin emas di jari manisnya hilang.
H.      Metode penelitian
1.       Observasi (Penelitian langsung) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang metode pembuatan film Fiksi yang bisa mendidik dan menambah unsur humor dan religi di dalamnya.
2.       Interview penelitian yang dilakukan dengan koordinasi dan konsultasi dengan beberapa Penduduk setempat tentang metode film fiksi yang biasa diterapkan dalam pembuatan film.
3.       Literatur yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian.

I.        Jadwal penelitian












J.        Daftar pustaka
K.      Curriculum vitae
Nama Lengkap                          : Saifin
NPM                                         : 2009.333.233
TTL                                           : Gresik, 03-04-1990
Program Studi                           : Menejemen Informatika
Nama Orang Tua
        Ayah                                 : Jali  
        Ibu                                     : ila
Latar Belakang Pendidikan:
        SD                                     : SDN 1 tanjung bumi
        SMP                                  : SMP 1 tanjung bumi
        SMA                                 : SMA 1 tanjung bumi
Pengalaman Organisasi              : Pengurus BEM 
Alamat Rumah                          : Sidayu, Gresik
e-Mail                                           : salsel@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar